Rabu, 09 Mei 2012

Fenomena Kekerasan

 Kekerasan... Oh
ditulis oleh mister husein
 
Menyimak fenomena kekerasan saat ini rasanya sedih juga perasaan ini. Islam yang nota bene mengajarkan untuk cinta damai malah tak jarang umat Islam melakukan tindak kekerasan. Sebenarnya kalau kita mau meninjau lebih dalam dan lanjut fenomena kekerasan saat ini merupakan fakta semakin ditinggalkanya nilai nilai ajaran moral agama Islam. Umat seakan hanya melakukan rutinitas ibadah tanpa ada implementasi kedalam akhlaq. Ruh dari ibadah belum bisa masuk kedalam qolbu sehingga emosi yang melahirkan tindak anarki semakin menguasai diri manusia.
Ibadah merupakan satu kegiatan mulia yang tak hanya bisa sekedar selesai atau gugur kewajiban. Lebih dari itu harus ada orientasi akhirat yang notabene akan bisa meningkatkan kualitas ibadah teersebut dan akan dengan sendirinya merasuk dan bersatu dengan qalbu. dari qalbu akan lahir atau muncul perilaku atau sikap yang terkontrol dengan nilai nilai agama. Lebih luas memunculkan akahlaq karimah yang bertentangan dengan kekerasan. Karena kekerasan pada dasarnya bukanlah ajaran agama Islam, walau kadang memang umat Islam harus keras tapi dalam jalur yang dianjurkan agama misal perang membela agama.
Memulai dari sendiri adalah lebih baik dari pada hanya diam atau menyalahkan.Kalau tiap umat menyadari hal ini dan mau berusaha menajlankan ibadah dengan orienatasi akhirat ingsyaAlloh kekerasan dimasyarakat akan berkurang setidaknya.Tidak ada sesuatu akan berakhir tanpa ada usaha. peran ulama' tokoh masyarakat pemerintah sangat besar penagruhnya dalam menghilnagkan atau mengurangi tindak kekerasan yang sering terjadi saat ini. Mari sobat semua kita mulai dari diri kita. Mawas diri selalu ingat Alloh dan menajlankan ibadah berorientasi akhirat, salam damai dari saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar